Saturday, October 22, 2011

habis gelap terbitlah terang

hai lama tidak bersua setelah begitu lama sibuk bergumul dengan keringat bercucuran --"
kamis malam aku baru balik dari jogja. melawan halang rintangan kejurnas drumband 2011 bersama DAS, band besar yg kecil (atau band kecil yg besar ?). sudah terbiasa sejak berumur 10 tahun berada dalam situasi seperti ini. atmosfer perlombaan (bukan pertandingan) yg peraturannya mengambang. yg nilainya berdasar estetika, persepsi. siapa yg bisa memberikan penilaian secara pasti tentang estetika ? masa bodoh. yang penting kami sudah berusaha keras.

hari pertama menginjakkan kaki di jogja.. apa ya ? berlatih pasti lalu tanpa sengaja ternyata kami satu penginapan dengan saudara kami dari sampang dan dari ujung Indonesia, aceh. berkenalan, selesai.
esok harinya upacara pembukaan dengan tampang saya yg seperti ondel ondel (aku cari dulu fotonya barangkali ada) mengelilingi kota jogjakarta.

hari pertama yg ketiga, hari dimana lomba benar benar dimulai yaitu LKKB (lomba ketahanan dan ketepatan berbaris) atau nama kerennya adalah enduro. jelaskan ! berjalan sejauh 8km selama 60 menit, memainkan lagu di tiap pos (berjarak 500m), kelebihan atau kekurangan waktu ada pengurangan poin, dilarang menggunakan penunjuk waktu, tanpa bantuan, apa lagi ya ? yg jelas terasa berat dan sangat panas. dan kami, terlalu cepat 2 menit. kami menduduki peringkat ke 4 katanya. entahlah

hari kedua, LBJP (lomba berbaris jarak pendek). apa yg kalian pikirkan ? ini adalah lomba jalan cepat sambil memainkan alat tentunya (pada zona zona tertentu) di lapangan atletik secara berlawanan. satu unit di sisi timur, dan satu lagi di sisi barat. terus begitu secara bergantian hingga pesertanya habis. tim kami sebenarnya menduduki peringkat kedua untuk masuk ke final jika tidak mendapat penalti yaitu 2 bendera merah yg menghasilkan pengurangan poin sebanyak 100 yg membawa kami meluncur ke posisi 9. mau nangis ga sih ? T.T engga. beneran. waktu denger itu cuma shock yaa wajar terus ya yaudah. besoknya ada yg lain lagi.

naah hari ini baru yg ditunggu tunggu. hari penyisihan LBB (lomba beris berbaris) dan LUG (lomba unjuk gelar). oya, malam hari waktu uji arena, percobaan terakhir lbb, mata lomba yg sangat susah dan membutuhkan konsentrasi ekstra, aku tahun ini melakukan kebodohan lagi. tahun lalu waktu lomba, aku dengan bodohnya kelupaan satu aba aba yg sangat penting. untungnya saat itu penilaian belum dimulai jadi aku masih bisa membenarkan kesalahanku. nah untuk tahun ini, setelah aku hormat kepada juri, dengan lebih bodohnya tanganku menyenggol kacamataku hingga terlepas da jatuhtuhtuh terhempas ke karpet karet coklat itu. untung masih uji arena --"
waktu lomba lancar lancar sekali walau yaa ada kesalahan dan itu menurutku terlihat buruk. whatever laah, setelah ini ada satu lagi yg paling bergengsi. pernah liat sebuah unit yg memainkan lagu sambil membentuk formasi formasi kesana kemari ? yaa itu yg namanya lug. (kalau saya berminat kapan kapan saya uploadin videonya yaa). deg degan jelas waktu denger band lain pemanasan. alamat bagus bagus banget kayanya. kami cuma bisa melakukan yg terbaik dan tetap fokus. setelah tampil alhamdulillah banyak yg bilang bagus banget. tapi saya pribadi belum bisa merasa senang karena besok masih ada final dan belum tau apakah kami masuk final atau tidak. walaupun aku yaa tidak deg degan sama sekali tapi tetap saja tidak bisa merasa senang.
besoknya menunggu lama lama sekali pengumuman final. mungkin banyak protes. kami hanya bisa berdoa. hingga akhirnya aku yg sedang duduk di sofa sambil melihat pemandangan diluar penginapan ditemani dua orang teman dari section perkusi yg sedang berlatih untuk lomba perorangan diatas drum pad mereka tiba tiba dikejutkan oleh salah seorang pelatih kami yg kalau tidak salah sepertinya lari terbirit birit dan berteriak memberitau kami bahwa kami sudah tidak punya waktu lagi untuk mempersiapkan final. bagus ! saya belum berdandan sesenti pun wajahku. buru buru mempersiapkan diri dan berangkat. ternyata lbb kami belum berhasil. tapi lug kami menduduki peringkat kedua. waktu memasuki lapangan ada yg teriak, "pulang saja!" ada juga "pencuri nilai". apa sih ? nilai kami kok dibilang hasil curian --"
hasilnya menurut kami, final ini tidak lebih baik dari penyisihan sebelumnya. hingga malam tiba, di upacara penutupan. kami hampir putus asa karena kami paceklik. hanya satu piala pemain tuba terbaik atas nama teman kami, haddad. masih saja ada yg berteriak dari tribun suporter membanding bandingkan unitnya dengan unit kami. kami tetap bebel dengan sikap tegap dan wajah ceria.
aku memilih untuk tidak tidur semalaman menanti pengumuman lug dan lbb yg belum diumumkan karena rapat yg pelik mengalami hantaman protes dari sana sini. sampai jam 2 malam di depan penginapan bersama teman teman dari aceh, lalu kembali ke penginapan masih belum tidur lagi sampai jam 4 pagi baru masuk kamar dan tidur. setengah 6 terbangun mendengar si aceh ribut ribut mau pulang. aku keluar kamar, bertemu mereka dan yaaaa menangis. baru saja bertemu masa mau pisah ? tapi mau bagaimana lagi ?
ngantuk sekali hingga sekitar jam 9 kami dihadapkan lagi pada drama drama pelatih seperti 2 tahun lalu. kami dikerjai habis habisan hingga perasaan menjadi galau dan ternyata dari belakangku ada seseorang yg tidak lain adalah pelatih kami sendiri membawa dua piala. pemain color guard terbaik (itu looh yg pake bendera warna warni) dan satunyaaa, guess what. juara 1 lug ! aaaaaah :3 ternyata kami belum terkalahkan walaupun dijatuhkan habis habisan tanpa gelar tapi ini lho gongnyaaaaaaaaaaa.......


habis gelap terbitlah terang
percayalah

2 comments: